Pohon Cantik, Liar, Dan Langka

Pohon ini bertumbuh liar tanpa ada yang menata dan merawatnya bentuknya memang sudah seperti ini.

Pohon Darah Naga

Pohon Darah Naga, nama latin untuk pohon Darah Naga ini adalah Dracena cinnibaris. Pohon Darah Naga, seperti yang bisa dilihat di dalam gambar, tampilannya memang luar biasa uniknya. Tanpa ada yang memelihara, bentuknya sudah tertata seperti itu: dahan-dahan dan daunnya seolah tertata membentuk kubah.

Termasuk tanaman langka, yang hanya tumbuh di kepulauan Suqutra, kepulauan yang berada di Samudera Hindia, dan masuk dalam wilayah kekuasaan Yaman. Isi kepulauan tersebut dilindungi oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia.

Pohon ini biasa digunakan sejak jaman dulu sebagai bahan obat dan pewarna alami. Ada juga penggunaan yang bersifat mistis yaitu untuk jimat voodoo Afrika, karena tinta yang digunakan jimat tersebut adalah tinta “darah naga” yang dihasilkan dari pohon ini. Maka itulah namanya jadi pohon Darah Naga.

Mawar Gurun

Mawar Gurun, dengan nama latin Adenium obesum. Adenium sih banyak terdapat di sini, dan bisa diperoleh di penjual tanaman hias. Tapi yang satu ini hanya ada di kepulauan Suqutra, dan sekitarnya. Jadi, masih ada hubungannya dengan Darah Naga, karena sama-sama tumbuh subur di Suqutra.

Yang ini memang cantik, tapi beracun.  di dalam getah kulit batang dan akar, dan biasanya digunakan untuk racun panah oleh orang Afrika.

Bentuk batagnya seperti kaki gajah, namun diujungnya muncul cabang-cabang yang indah dan berbunga merah pada musim berbunga. Ia mampu hidup di tengah gurun berbatuan yang gersang jarang hujan.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s